LUMINASIA.ID, MAKASSAR - PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk. (GMTD), pengembang kawasan terpadu Tanjung Bunga Makassar dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup dan Hari Laut Sedunia menggelar Aksi Bersih Pantai Akkarena Kamis (26/6/2025)
Kegiatan bertema Bersih Pantaiku, Peduli Lingkunganku ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan pantai sebagai bentuk pelestarian ekosistem laut.
Selain itu, aksi ini juga mendukung pengembangan pariwisata lokal dengan menciptakan kawasan pesisir yang bersih, sehat, dan nyaman bagi wisatawan maupun masyarakat sekitar.
Lebih dari 60 karyawan GMTD berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini, mengumpulkan berbagai sampah dari area pesisir Pantai Akkarena, terutama sampah plastik.
Hasilnya, sebanyak 120,26 kilogram sampah berhasil dikumpulkan dan dibersihkan dari area pantai, mempertegas peran nyata GMTD dalam pelestarian lingkungan dan pengurangan pencemaran laut.
Chief Operating Officer GMTD, Jemmy Andreas Persang, menekankan bahwa kegiatan ini bukan hanya bentuk dukungan korporasi bagi pemerintah dalam upaya pencapaian net zero emission, tetapi juga implementasi dari nilai-nilai keberlanjutan yang dijunjung tinggi GMTD.
“Inisiatif ini juga merupakan wujud penerapan pilar Asri dari ‘Lippo Untuk Indonesia PASTI’, yang fokus pada peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui pelestarian lingkungan, penguatan komunitas lokal, serta pembangunan kawasan yang selaras dengan nilai-nilai keberlanjutan,” ungkap Jemmy.
Sebagai pengembang kawasan pesisir yang memegang tanggung jawab sosial bagi lingkungan dan masyarakat sekitar, GMTD berkomitmen untuk terus melaksanakan berbagai program CSR berdampak nyata.
Langkah ini bertujuan menciptakan masa depan Indonesia yang lebih lestari dan membawa manfaat bagi generasi mendatang.
Kegiatan ini juga menunjukkan komitmen GMTD terhadap prinsip keberlanjutan dengan mengintegrasikan aspek Environment, Social, and Governance (ESG) ke dalam strategi bisnisnya.
Salah satu bentuk nyata implementasi tersebut diwujudkan melalui berbagai program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dalam kerangka kerja grup bertajuk “Lippo Untuk Indonesia PASTI”.