LUMINASIA.ID – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) kembali menorehkan prestasi. Perusahaan pelat merah ini berhasil meraih penghargaan The Best People Development dalam ajang The Best Contact Center Indonesia 2025 yang digelar oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA) di Jakarta, Kamis (25/9:2025)
Penghargaan bergengsi itu diserahkan langsung oleh Ketua ICCA Indonesia, Andi Anugrah, kepada Sekretaris Perusahaan PELNI, Evan Eryanto. Dalam ajang ini, Contact Center PELNI mencatatkan nilai 80,71 pada kategori yang menekankan inovasi program kerja terkait penyediaan, pengelolaan, serta pengembangan sumber daya manusia untuk mendukung pencapaian target bisnis dan operasional.
Kategori The Best People Development dikenal sebagai salah satu penghargaan yang menilai strategi perusahaan dalam mengembangkan SDM, khususnya di bidang layanan pelanggan. Inovasi yang menjadi sorotan PELNI antara lain penyelenggaraan sharing session setiap bulan, program pelatihan dan sertifikasi agen Contact Center, diskusi bersama stakeholder di atas kapal, hingga kegiatan benchmarking ke sejumlah perusahaan.
Sekretaris Perusahaan PELNI, Evan Eryanto, menyampaikan apresiasi atas penghargaan yang diraih. “Kami sangat berterima kasih kepada Indonesia Contact Center Association atas penghargaan The Best People Development ini. Penghargaan ini mencerminkan dedikasi kami dalam mengembangkan Contact Center PELNI sebagai garda terdepan pelayanan pelanggan. Keberhasilan ini didukung oleh komitmen tim dalam menjalankan program pelatihan, sertifikasi, dan pengembangan yang berfokus pada peningkatan kualitas layanan,” ujarnya.
Evan menambahkan, capaian ini semakin melengkapi rekam jejak PELNI dalam keterbukaan informasi publik. “Keberhasilan ini melengkapi pencapaian PELNI yang telah meraih predikat Informatif dalam Keterbukaan Informasi Publik Kategori BUMN selama tiga tahun berturut-turut, dari 2022 hingga 2024,” tegasnya.
Ia berharap penghargaan tersebut menjadi motivasi bagi perusahaan untuk terus berinovasi. “Kami berharap dapat terus meningkatkan performa Contact Center PELNI melalui inovasi dan kolaborasi yang lebih erat, baik secara internal maupun dengan mitra eksternal. Penghargaan ini memotivasi kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik dan mendukung misi PELNI sebagai penyedia layanan pelayaran yang andal, terpercaya, dan aman,” tutup Evan.
Prestasi ini sekaligus memperkuat posisi PELNI bukan hanya sebagai perusahaan pelayaran dan logistik nasional, tetapi juga sebagai BUMN yang menempatkan pengembangan SDM sebagai prioritas utama.
Sebagai informasi, saat ini PELNI mengoperasikan 25 kapal penumpang yang melayani 511 ruas dengan 1.359 rute dan menyinggahi 74 pelabuhan. Selain itu, PELNI juga mengoperasikan 30 trayek kapal perintis yang melayani wilayah 3TP, menyinggahi 230 pelabuhan dengan total 522 ruas. Untuk logistik, PELNI mengoperasikan 8 trayek tol laut, 18 kapal rede, serta 1 trayek khusus kapal ternak.
Masyarakat dapat menghubungi Contact Center PELNI di 162 atau melalui layanan Official WhatsApp di nomor 0811-162-1162 untuk informasi jadwal maupun pemesanan tiket kapal.