Luminasia, Jakarta –Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melansir lonjakan trafik data sebesar 21% sepanjang periode Ramadhan dan Idulfitri 1446 H. Lonjakan trafik ini lebih dibandingkan dengan hari biasa.
Dilansir Upeks.Co.Id, faktor dari tingginya penggunaan trafik data ini adalah karena makin seringnya beberapa aplikasi digital dibuka oleh pelanggan selama masa Ramadan dan Idulfitri.
Indosat mengungkapkan lima aplikasi yang lonjakan aktivitas digital signifikan. Tertinggi berturut-turut adalah WhatsApp, Tiktok, Facebook, Youtube, dan Instagram.
Kebutuhan digital yang makin tinggi ini dapat diantisipasi melalui kesiapan jaringan yang dapat diandalkan dan merata. Puncak kenaikan lalu lintas data terjadi saat arus balik tanggal 4 April 2025.
Tercatat dari seluruh wilayah Indonesia di mana Indosat beroperasi berikut adalah kota-kota yang mengalami peningkatan lalu lintas data yang tertinggi.
Dari wilayah Sumatra, Kota Bumi, Padang, Siantar, dan Tebing Tinggi menjadi kota dengan peningkatan lalu lintas data tertinggi.
Di wilayah Jakarta Raya, tiga kota yang mengalami peningkatan tertinggi adalah, Bogor, Pandeglang, dan Sukabumi.
Sementara itu di wilayah Jawa, kota-kota dengan kenaikan tertinggi antara lain, Garut, Kebumen, dan Madiun.
Di Bali dan Nusa Tenggara, Flores Timur, Sumbawa, dan Lombok merupakan daerah yang memiliki lonjakan trafik data paling tinggi.
Selain itu, Singkawang, Bone, Gowa, dan Palu menjadi wilayah yang memiliki trafik data tertinggi di daerah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua.
Indosat terus memastikan kualitas jaringannya optimal mengingat kebutuhan komunikasi digital meningkat di seluruh Indonesia.
Selain itu, Indosat juga melakukan optimasi khusus di area dengan potensi kepadatan yang tinggi seperti stasiun, terminal, rest area, hingga destinasi wisata populer, untuk memastikan konektivitas tetap stabil tanpa gangguan.
Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, mengungkapkan, “Kami percaya bahwa teknologi yang mutakhir harus diiringi oleh sentuhan tangan manusia. Layanan yang kami hadirkan selama periode Hari Raya Idulfitri ini merupakan bukti nyata dari komitmen kami terhadap Unparalleled Network Services Guaranteed, juga dedikasi para engineer di lapangan agar pelanggan dapat menikmati pengalaman digital yang lancar.”
Indosat terus berkomitmen to menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan dedikasi ribuan petugas teknis yang bekerja di balik layar.
Terdapat lebih dari 3.000 engineer dan petugas teknis di seluruh Indonesia yang bersiaga untuk memastikan layanan lancar tanpa gangguan.
Bahkan di puncak trafik, mereka bersiaga, termasuk di DIOC (Digital Intelligence Operations Center), demi memastikan pelanggan tetap terhubung dengan keluarga dan kerabat masing-masing.
“Bagi kami, ini lebih dari sekadar tugas sebagai panggilan profesional, melainkan bentuk pengabdian di momen Lebaran yang bernilai ibadah. Kami memahami betul betapa pentingnya koneksi bagi keluarga yang terpisah jarak. Saya dan tim telah bersiaga sejak sebelum Ramadan, memeriksa setiap site untuk memastikan semuanya berjalan lancar. Meski kami belum bisa berkumpul saat Lebaran, ada kebanggaan tersendiri dalam menjadi bagian dari penghubung kebahagiaan banyak orang. Semangat dari keluarga dan tanggung jawab untuk menjaga konektivitas pelanggan membuat kami tetap teguh menjalankan tugas di momen penuh makna ini,” ungkap Imam Susanto, petugas lapangan Indosat yang bertugas di jalur mudik wilayah Semarang.
Demi mengantisipasi lonjakan trafik ini, Indosat menambahkan 9.600 kapasitas sites baru serta mengoperasikan tambahan 1.500 BTS baru dengan 53 Mobile BTS di berbagai titik strategis.
Infrastruktur jaringan Indosat saat ini didukung oleh INFINITE (Intelligent Network for Innovative and Transformational Experience) by Indosat, yang merupakan integrasi sistem jaringan operasi yang diperkuat teknologi berbasis kecerdasan artifisial (AI) dan cognitive learning.
Kehadiran INFINITE by Indosat membuat pelanggan dapat menikmati komunikasi yang stabil dan aman di mana saja dan kapan saja.
“Indosat tidak hanya membangun jaringan, tetapi juga kepercayaan terhadap pelanggan. Kami akan terus menghadirkan layanan yang mendukung gaya hidup digital pelanggan dengan kualitas terbaik, dan memastikan mereka selalu terhubung, terutama di momen kebersamaan yang penting seperti Idulfitri,” kata Desmond menutup percakapan.