LUMINASIA.ID, MAKASSAR - Kalla Toyota menghadirkan event perdana bertajuk Agya Goes to Campus dengan menggandeng mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) dalam gelaran turnamen 3 on 3 basketball.
Agya Goes to Campus ini bakal digelar di Universitas Hasanuddin (Unhas) pada tanggal 11-12 Juni 2025, bekerjasama dengan Perbasi Makassar dan UKM Basket Unhas.
Selain adu kemampuan di lapangan, peserta dan pengunjung juga bisa lebih dekat dengan AGYA Stylix melalui Test Drive, Talkshow, Career Fair by Kalla Toyota, Stylix Talent Hunt hingga promo menarik dari Kalla Toyota.
Acara ini diawali dengan konferensi pers di Bikin Bikin Creative Hub, Nipah Park, pada Senin, 9 Juni 2025.
Dalam kesempatan tersebut Marketing Manager Kalla Toyota, Suliadin, mengatakan bahwa ini merupakan pertama kalinya Toyota menyapa langsung pasar mahasiswa melalui aktivitas kampus.
“Ini adalah event pertama yang langsung mendatangi pembeli, khususnya mahasiswa. Kenapa kampus? Karena mahasiswa sekarang makin produktif dan banyak yang menyukai kemajuan. Apalagi Agya sudah banyak digunakan anak-anak kampus,” ujarnya.
Toyota melalui Kalla Toyota melihat bahwa segmen mahasiswa memiliki potensi besar.
Untuk itu, pihaknya menggandeng UKM Basket Unhas, Perbasi Sulsel, Grab Makassar, dan Browcill dalam rangkaian kolaborasi ini.
“Toyota belum pernah masuk ke segmen seperti ini sebelumnya.
Karena itu, kami berinisiatif menggelar event ini dan memilih Unhas sebagai kampus pertama karena merupakan universitas terbesar di kawasan timur Indonesia,” jelas Suliadin.
Event olahraga yang dipilih adalah 3 on 3 basketball, kompetisi yang kini digandrungi anak muda karena dinamis dan kompetitif.
“Kegiatan ini hasil kolaborasi dengan Perbasi dan UKM Basket Unhas.
Untuk kompetisi basketnya, antusiasmenya luar biasa—pendaftarannya sudah 14 tim putra dan 13 tim putri,” katanya.
Ia menambahkan bahwa ke depannya tidak menutup kemungkinan kegiatan Agya Goes to Campus akan hadir di kampus lain.
“Kalau acara ini sukses, kami pasti akan lanjutkan di kampus-kampus lainnya.
Karena dalam kondisi ekonomi yang berat seperti sekarang, menjajaki market yang sudah ada dan membangun kolaborasi itu sangat penting,” tutupnya.
Sementara itu, Dayat Rizal dari Perbasi menyambut baik kehadiran Toyota di kampus mereka.
“Ini adalah kedua kalinya Perbasi ikut kegiatan seperti ini.
Kami berterima kasih kepada Kalla Toyota yang sudah mengadakan Agya Goes to Campus.
Dulu waktu sekolah kami sering keliling ikut turnamen, mudah-mudahan event ini juga bisa keliling ke kampus lain,” ucapnya.
3x3 AGYA Basketball Competition
Marketing Manager Kalla Toyota Amelia Amin menambahkan Basket adalah olahraga yang populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.
Punya daya tarik yang kuat di kalangan anak muda. Banyak mahasiswa yang sudah familiar dan menyukai olahraga ini sejak masa sekolah. Lapangan basket relatif lebih mudah ditemukan di area kampus.
"Basket 3 on 3 adalah versi ringkas dan seru dari bola basket yang menekankan pada skill individu, permainan cepat, dan intensitas tinggi. Format 3x3 dipilih karena dirasa ringkas dan memungkinkan untuk selesai di event yang digelar selama 2 hari,” paparnya.
Kegiatan ini akan berkolaborasi dengan PERBASI Makassar yang akan bertugas untuk mengcover seluruh teknis mulai dari alat, perangkat pertandingan, hingga ke pendaftaran peserta.