LUMINASIA.ID, MAKASSAR - PT Hisamitsu Pharma Indonesia, melalui merek legendaris Salonpas, menjalin kolaborasi strategis dengan PSM Makassar, klub sepak bola tertua dan bersejarah di Indonesia.
Kolaborasi antara PT Hisamitsu Pharma Indonesia dan PSM Makassar ini diresmikan dalam seremoni penandatanganan plakat di Ruko Graha Boulevard, Summarecon Mutiara, Makassar, Rabu (6/8/2025).
Penandatanganan dilakukan oleh President Director PT Hisamitsu Pharma Indonesia, Ryo Sato, dan Manager PSM Makassar, Muhammad Nur Fajrin.
Kolaborasi tersebut diumumkan secara simbolis di Plataran Makassar dengan mengusung tema “Be Unstoppable Like a Champion”.
Pemain PSM Makassar menyambut positif kolaborasi klub mereka dengan merek pereda nyeri legendaris, Salonpas.
Kolaborasi ini dinilai memberikan dampak besar dalam menjaga performa dan pemulihan setelah latihan maupun pertandingan.
Gelandang serang PSM Makassar, Daisuke Sakai, menilai bahwa ritme latihan dan pertandingan yang ketat membuat pemulihan menjadi aspek penting bagi pemain profesional.
Dalam kondisi demikian, produk pereda nyeri seperti Salonpas sangat membantu menunjang kebugaran.
"Sebagai pemain, kami menghadapi latihan keras dan pertandingan yang menuntut fisik prima dan pemulihan yang efektif. Dukungan Salonpas sangat membantu dalam proses pemulihan dan menjaga produktivitas kami,” kata Daisuke Sakai.
Senada, Kapten PSM Makassar Akbar Tanjung juga menyebut kolaborasi ini sebagai motivasi tambahan bagi para pemain. Ia menyampaikan pesan kepada generasi muda untuk terus bersemangat dan tidak mudah menyerah dalam mengejar cita-cita.
“Kami ingin mengajak seluruh anak muda Indonesia untuk terus optimis, aktif bergerak melawan rasa lelah dan malas, terus bersemangat dan pantang menyerah untuk meraih prestasi yang terbaik, apa pun tantangannya,” ujarnya.
Head of Physio PSM Makassar dan Timnas U-23, Mulyadi, menambahkan bahwa penggunaan Salonpas menjadi bagian dari protokol pemulihan yang diterapkan di tim.
“Atlet profesional perlu menjalani recovery sebagai bagian dari latihannya. Salonpas efektif mendukung heat therapy yang selalu kami lakukan dan merupakan bagian dari protokol pemulihan agar para pemain mendapatkan performa yang optimal,” jelas Mulyadi.
Ryo Sato dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan bagian dari perayaan 50 tahun Salonpas hadir di Indonesia dan sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat Indonesia, terutama Sulawesi.
“Tahun ini adalah tahun ke-50 sejak Salonpas pertama kali hadir di Indonesia, dengan misi meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Kami menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Indonesia, karena Salonpas telah menjadi merek yang memimpin pasar dengan share lebih dari 60% di tingkat nasional dan lebih dari 80% di Sulawesi. Melalui kolaborasi bersama PSM Makassar ini, Salonpas akan menjadi simbol semangat untuk terus bergerak, berkarya, dan pantang menyerah demi mewujudkan prestasi selayaknya juara,” tutur Ryo.
Senior Product Manager Salonpas Let’s Move, Desy Setiarini, menjelaskan bahwa kampanye ini juga menghadirkan pendekatan Strategi TRIPL3S: Sebelum, Saat, dan Setelah Berolahraga.
Sebelum berolahraga, Salonpas Gel berperan sebagai Teman Pemanasan untuk membantu otot lebih siap bergerak. Saat berolahraga, Salonpas Jet Spray hadir sebagai Teman On The Move yang meredakan nyeri otot dan kram. Setelah berolahraga, pemulihan maksimal didukung oleh Salonpas Cream, Salonpas Cream Hot, dan Salonpas Gel-Patch sebagai Teman Recovery.
“Melalui kolaborasi ini, kami ingin menginspirasi masyarakat untuk menjaga kebugaran layaknya atlet profesional yang selalu aktif bergerak, rutin berolahraga, dan menyadari pentingnya recovery. Semangat ‘Be Unstoppable Like a Champion’ bukan hanya milik atlet profesional, tetapi siapa pun yang ingin selalu hidup aktif dan sehat dengan strategi pemulihan yang tepat,” ujar Desy.
Zulfadli, Senior Product Manager Salonpas, turut menyampaikan bahwa selain mendukung aktivitas olahraga, Salonpas juga relevan dalam kehidupan sehari-hari.
“Sebagai champion di lapangan, latihan yang baik saja tidak cukup. Gaya hidup di luar latihan juga akan mempengaruhi performa. Salonpas mengajak kita tetap aktif melalui rangkaian produk lengkap untuk digunakan sehari-hari. Hal ini membedakan Salonpas dengan merek pereda nyeri lain, karena kami tidak hanya menghadirkan produk untuk olahraga,” ujarnya.
Salonpas tersedia dalam tiga varian koyo: kemasan putih untuk nyeri ringan harian, merah untuk sensasi hangat intens, dan hitam untuk panas ekstra.
Manager PSM Makassar, Muhammad Nur Fajrin, menyampaikan bahwa sinergi ini merupakan upaya memperkuat keterikatan dengan masyarakat.
“PSM Makassar yang adalah klub tertua di Indonesia, merupakan warisan masyarakat Bugis, Mandar, Toraja, dan Makassar. Kolaborasi dengan Salonpas merupakan upaya untuk tumbuh bersama dan dicintai masyarakat Sulawesi Selatan khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya, seperti mereka mencintai PSM Makassar,” kata Fajrin.