LUMINASIA.ID, MAKASSAR - Pasca merger menjadi bagian dari PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART), SMARTFREN menegaskan langkah strategisnya dengan memperluas cakupan jaringan, menghadirkan produk unggulan UNLIMITED, serta memperkuat engagement pelanggan lewat aktivitas brand nasional dan program loyalitas digital.
Inisiatif tersebut sejalan dengan tagline XLSMART, “Bersama, Melaju Tanpa Batas”, yang mencerminkan komitmen perusahaan untuk menghadirkan layanan merata, kompetitif, dan inovatif bagi masyarakat Indonesia.
Chief Marketing Officer SMARTFREN XLSMART, Sukaca Purwokardjono, mengatakan, “SMARTFREN hadir untuk menjawab kebutuhan pelanggan dengan layanan worry-free yang terjangkau.
Dengan perluasan jaringan dan integrasi teknologi, kami menargetkan pertumbuhan pelanggan baru setelah merger, sekaligus memastikan setiap pelanggan merasakan konektivitas yang lebih baik dan stabil di lebih banyak kota di Indonesia.”
Saat ini SMARTFREN telah menjangkau wilayah yang sebelumnya belum tercover, seperti Bengkulu, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sumbawa, hingga Nusa Tenggara Timur. Integrasi infrastruktur XL dan SMARTFREN memungkinkan konektivitas lebih luas, stabil, dan handal, sehingga membuka pilihan baru bagi jutaan masyarakat.
Sukaca menambahkan, “Dalam perluasan wilayah ini, SMARTFREN menawarkan produk unggulan UNLIMITED dengan tema Worry-Free. Internetan tanpa khawatir kuota habis menjadi daya tarik utama, menjadikan UNLIMITED sebagai produk favorit pelanggan. Melengkapi itu, ada juga paket Nonstop dan beragam paket Kuota. Semua paket layanan yang aktif kini mendapatkan bonus gratis nelpon ke semua nomor SMARTFREN, XL, dan AXIS sehingga pelanggan bisa selalu tetap terhubung.”
Selain jaringan dan paket data, SMARTFREN juga memperkuat pengalaman digital pelanggan dengan teknologi chatbot berbasis AI bernama SARAH yang siap membantu 24 jam. Aplikasi mySF pun terus dikembangkan, menghadirkan fitur pembayaran instan, konten digital, poin reward, hingga promosi eksklusif. Semua dirancang agar pelanggan lebih mudah, nyaman, dan dekat dengan layanan SMARTFREN.
Tidak hanya berfokus pada produk, SMARTFREN juga membangun kedekatan emosional dengan pelanggan. Program nasional seperti SMARTFREN Fun Run di 35 kota hingga akhir 2025 serta konser Malam 100 Cinta yang menampilkan karya seni budaya anak bangsa menjadi ruang interaksi yang selaras dengan tagline SMARTFREN 100% Untuk Indonesia.
Hingga akhir kuartal II 2025, XLSMART melayani lebih dari 82,6 juta pelanggan di seluruh Indonesia. Total jumlah BTS mencapai lebih dari 209 ribu, tumbuh 28% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Peningkatan infrastruktur ini menjadi kunci XLSMART dalam menghadirkan layanan merata, berkualitas, dan berdaya saing tinggi.