LUMINASIA.ID, MAKASSAR - Honda menjadi salah satu sorotan utama dalam gelaran Makassar Culinary Night (MCN) 2025 yang berlangsung di Monumen Mandala, 1–2 November 2025.
Dengan tema “Pesta Rakyat, Honda Makassar Culinary Night”, acara ini tidak hanya menampilkan beragam kuliner lokal, tetapi juga menghadirkan kolaborasi spesial antara Honda dan para pelaku UMKM kuliner di Kota Makassar.
Salah satu kegiatan utama adalah Konvoi 1 Dekade Honda Makassar Culinary Night yang menjadi bagian dari perayaan sepuluh tahun penyelenggaraan MCN.
Showroom Head Astra Motor Xperience Center, Gracella Anastasya Gosal, mengatakan bahwa keterlibatan Honda dalam acara ini merupakan bentuk dukungan terhadap sektor kuliner sebagai daya tarik wisata dan kebanggaan masyarakat Makassar.
“Bergabungnya Honda sebagai sponsor dalam event kuliner Makassar Culinary Night merupakan bentuk dukungan terhadap salah satu daya tarik Kota Makassar sebagai kota dengan kuliner yang enak di Indonesia,” ujar Gracella.
Selain konvoi, Honda juga menghadirkan kolaborasi Honda Jagoan Kuliner, yaitu sesi live cooking bersama tenant pilihan seperti Roket, Tao Bun, Butter Call Soul, dan Tumbuh.mks. Para tenant tersebut menyajikan hidangan spesial yang hanya tersedia selama festival berlangsung.
Kegiatan ini sekaligus menjadi wadah bagi pelaku UMKM kuliner untuk memperkenalkan produk unggulan mereka. Tahun ini, terdapat 75 tenant kuliner yang dipilih melalui proses kurasi ketat berdasarkan cita rasa, kemasan, dan kualitas produk.
MCN 2025 juga diramaikan dengan berbagai aktivitas interaktif seperti emotional painting dari Paint ur Feelings, personal color analysis oleh Sora Color Studio, perfume workshop oleh O and Co Parfume, serta kids activity dan storytime bersama Beekids dan Kak Heru.
Untuk mempermudah transaksi selama acara, panitia bekerja sama dengan Bank Sulselbar yang menyediakan layanan QRIS agar pengunjung dapat bertransaksi secara digital.
Selain Honda, sejumlah sponsor turut mendukung kegiatan ini, di antaranya IM3, Gojek, Teh Botol Sosro, Prima Water, Prima Vision, Prima Home, dan Amsterdam Photography.
Panitia menargetkan 30.000 pengunjung dan nilai transaksi hingga Rp1 miliar selama dua hari pelaksanaan. Acara ini juga menjadi bagian dari perayaan ulang tahun ke-418 Kota Makassar.
Dengan kehadiran Honda, MCN 2025 tidak hanya menjadi ajang kuliner, tetapi juga wadah kolaborasi industri otomotif dan ekonomi kreatif lokal dalam memajukan citra Makassar sebagai kota kuliner dan destinasi wisata unggula
