Luminasia, Makassar, 24 April 2025 — XL Axiata dan Smartfren resmi bergabung menjadi satu entitas bernama XLSMART.
Pengumuman ini disampaikan dalam konferensi pers yang berlangsung di Grand Ballroom lantai satu Hyatt Place Makassar, Jl. Jend. Sudirman Kav 31, Sulawesi Selatan.
Presiden Direktur & CEO XLSMART, Rajeev Sethi, membuka sesi dengan menekankan pentingnya memperluas fokus bisnis ke luar Jakarta. “Sulawesi dan Kalimantan adalah pasar yang penting. Indonesia lebih dari Jakarta. Kita akan menang bukan hanya dalam pasar tapi juga dalam mengambil kepercayaan pelanggan. Kami akan terus memberikan servis kelas dunia,” ujar Rajeev.
Ia juga menjelaskan strategi segmentasi merek yang tetap dipertahankan dalam struktur baru dimana Axis merupakan pasar untuk anak muda, Smartfren menyasar orang yang membutuhkan kuota besar, dan XL ditujukan untuk pelanggan premium. UMKM dan tambang juga menjadi target.
Selain itu, Rajeev mejelaskan bahwa fokus utama perusahaan adalah memuaskan pelanggan. Ia juga menyampaikan bahwa kolaborasi dengan pemerintah daerah akan menjadi bagian penting dari strategi pasar ke depan, sembari menyebut bahwa bisnis tambang adalah salah satu potensi.
Direktur & Chief People Officer, Jeremiah Rathadi, memaparkan bahwa identitas baru XLSMART lahir dari diskusi menyeluruh bersama para pemangku kepentingan, termasuk karyawan. “Kami punya tujuan mengkoneksikan seluruh masyarakat Indonesia untuk hidup lebih baik dan misi untuk menjadi perusahaan paling dicintai pada 2027, menjadi tempat bekerja yang paling baik, dan menjadi provider yang paling efisien,” jelasnya. Ia juga memperkenalkan nilai-nilai inti perusahaan yang terangkum dalam “i CARE”, yaitu integrity serta Customer at Heart; Act like Owners; Rise as One; Enjoy Every Step.
Feiruz Ikhwan, Direktur & Chief Strategy and Home, menyampaikan bahwa XLSMART adalah simbol energi baru yang dibentuk dari visi dan kekuatan bersama. “XLSMART yang bersatu merupakan energi baru, dibangun atas visi dan kekuatan bersama demi masa depan Indonesia, demi melangkah menuju arah baru,” ucapnya.
Ia juga memperkenalkan filosofi logo baru perusahaan. “Logo kami adalah janji untuk melayani Indonesia sepenuh hati, bukan hanya untuk visual. Pelanggan adalah alasan kami bergerak. Brand kami XL, Smartfren, dan Axis akan terus menjadi inovasi kami.”
Feiruz juga menambahkan bahwa kekuatan jaringan gabungan akan semakin memperluas cakupan layanan. “Pelanggan setia akan tetap memilih merek milik XLSMART dan dengan gabungan tower antara XL dan Smartfren akan menjangkau konektivitas lebih jauh.”
Dengan semangat baru, perusahaan menargetkan menjadi pemimpin industri telekomunikasi di Indonesia yang inklusif, efisien, dan dicintai pelanggan.