LUMINASIA.ID, MAKASSAR – Sejumlah nasabah PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengeluhkan gangguan layanan digital pada aplikasi BCA Mobile dan MyBCA sejak Senin (29/9/2025) pagi.
Keluhan mulai bermunculan sekitar pukul 06.00 WIB, terutama terkait kesulitan login, cek saldo, hingga melakukan transaksi.
Dilansir kompas.com Nadia (24), salah satu nasabah, mengaku gagal saat mencoba top up saldo dompet digital.
“Awalnya aku mau isi saldo dompet digital lewat virtual account. Tapi loading terus, tulisannya ‘sending’. Padahal lampu indikator di kanan atas ijo. Aku kira internetku lemot, tapi pas buka aplikasi lain lancar. Aku coba keluar-masuk aplikasi, tetap sama. Pas cek saldo pun error. Ternyata pas lihat di X, banyak juga yang ngeluh M-Banking error,” ujar Nadia.
Sementara Rani, warga Makassar, mengaku tidak bisa mentranfer ke rekening BCA, melalui aplikasi bank lain.
Gangguan ini juga ramai diperbincangkan di media sosial X. Sejumlah warganet melaporkan tidak bisa mengakses aplikasi maupun melakukan transfer ke rekening BCA.
“MyBCA dan BCA Mobile, sama-sama tidak bisa diakses. Mari kita lihat seberapa lama BCA bisa handle error ini. Dulu hitungan menit, enggak tahu sekarang,” tulis akun @taofikmuhammad.
Menanggapi keluhan tersebut, BCA menyampaikan permohonan maaf atas gangguan layanan. EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn, mengatakan tim tengah berupaya melakukan pemulihan sistem.
“Sehubungan dengan kendala yang dialami nasabah saat bertransaksi dengan produk layanan BCA, kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” kata Hera dalam keterangan tertulis.
Ia juga mengingatkan agar nasabah berhati-hati terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan BCA
“Jaga selalu kerahasiaan data perbankan Anda!” ujarnya.
Sebagai langkah sementara, nasabah disarankan memeriksa koneksi internet, me-restart aplikasi atau ponsel, serta memperbarui aplikasi ke versi terbaru.
Jika kendala berlanjut, nasabah dapat menghubungi Halo BCA melalui telepon 1500888, WhatsApp 08111500998, aplikasi haloBCA, akun X @HaloBCA, webchat www.bca.co.id, atau email halobca@bca.co.id.