LUMINASIA.ID - PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) Grup, salah satu subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang bergerak di bidang jasa kelautan (marine), peralatan (equipment), layanan pelabuhan (port services), docking, dan galangan kapal (shipyard), mencatatkan peningkatan laba bersih sebesar 8,91% secara year on year (YoY) pada triwulan III tahun 2025.
Kinerja positif di seluruh lini bisnis mendorong SPJM membukukan laba usaha sebesar 149,19% terhadap Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) triwulan III 2025. Secara grup, laba usaha juga naik 7,27% YoY.
Kinerja Operasional Tumbuh di Seluruh Segmen
Pertumbuhan kinerja tersebut sejalan dengan peningkatan trafik kapal yang mencapai 267.817 call, atau 108,96% dari target RKAP triwulan III 2025.
Pada stream marine, layanan pemanduan mencatat capaian 125,45% terhadap RKAP, dengan 567.871 gerakan atau meningkat 116,75% YoY. Pelayanan penundaan juga naik 12,53% YoY, melebihi RKAP dengan realisasi 117,62%, setara dengan 4,09 miliar GT-jam.
Sementara itu, kegiatan docking mencapai 30 unit, atau 111,11% dari target RKAP, termasuk penambahan dua unit penyelesaian docking hingga 30 September 2025.
Layanan pengerukan dan pengelolaan alur pelayaran turut mencatat tren positif. Volume pengerukan tercatat 1.204.138 m³, naik signifikan 131,60% YoY. Pengelolaan alur mencapai 112,23% dari RKAP, dengan volume 20.785.005 ton, tumbuh 5,30% YoY.
Performa Peralatan dan Utilitas Pelabuhan Meningkat
Pada stream equipment, tingkat ketersediaan alat mencapai 90,60% atau 106,58% dari RKAP, dengan Mean Time To Repair (MTTR) hanya 3,43 jam (lebih cepat 22,08% YoY).
Sementara Mean Time Between Failures (MTBF) mencapai 125,06 jam, setara dengan 416,87% dari target RKAP, meningkat 11,57% YoY.
Layanan port utility juga mencatat peningkatan. Distribusi BBM mencapai 50.238 kiloliter (naik 15,80% YoY), penyediaan air bersih sebesar 2.032.496 ton (naik 7,75% YoY), dan pengelolaan limbah mencapai 145.283 kg.
Penyediaan listrik naik 1,06% YoY dengan capaian 108,61% dari RKAP (143.038.642 KWh), sejalan dengan meningkatnya konsumsi listrik di sejumlah lokasi layanan. Distribusi gas juga melonjak 18,48% YoY, mencapai 11.818.525 MMBTU, atau 191,88% dari RKAP triwulan III, didorong peningkatan kebutuhan gas di area pelayanan.
Strategi Digitalisasi dan Sinergi
“Hingga triwulan III ini, alhamdulillah kinerja SPJM terus menunjukkan tren positif dan berhasil melampaui target perusahaan yang ditetapkan dalam RKAP 2025,” ujar SVP Sekretaris Perusahaan SPJM, Tubagus Patrick.
“Integrasi layanan melalui kehandalan digitalisasi dan penerapan aplikasi pelayanan terus kami tingkatkan untuk menghadirkan kemudahan, ketepatan, serta kecepatan layanan di seluruh lini bisnis. Upaya ini bermuara pada tujuan kami memberikan excellent service bagi seluruh pengguna jasa SPJM Grup. Selain itu, kami juga terus memperkuat kerja sama dan sinergi dengan mitra strategis guna meningkatkan daya saing, efisiensi, dan produktivitas perusahaan,” tambahnya.