LUMINASIA.ID, MAKASSAR - TikTok Shop by Tokopedia ‘Mall’ mencatatkan lonjakan signifikan pada semester I 2025 dengan peningkatan jumlah penjual lebih dari empat kali lipat dibandingkan semester II 2024
‘Mall’ adalah fitur khusus di TikTok Shop yang menawarkan jaminan produk 100 persen asli, bebas ongkir, dan gratis retur 15 hari
Penjual yang tergabung dalam kategori ini adalah pemilik merek, distributor resmi, atau toko bereputasi tinggi yang terverifikasi
Mereka mendapat keuntungan eksklusif seperti badge khusus, akses ke promosi besar seperti ‘Guncang’, serta kemunculan strategis di berbagai titik penting consumer journey seperti banner utama untuk meningkatkan visibilitas dan konversi transaksi
Senior Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Stephanie Susilo, menyatakan bahwa pertumbuhan pesat ini menunjukkan pentingnya TikTok Shop by Tokopedia sebagai ruang aman dan terpercaya untuk pelaku usaha, termasuk UMKM, dalam mengembangkan bisnis
“Kami ingin menghadirkan pengalaman #BelanjaAman melalui pilihan toko dan produk yang terpercaya agar masyarakat makin nyaman bertransaksi,” kata Stephanie
Sepanjang semester I 2025, kategori produk terlaris di TikTok Shop ‘Mall’ adalah Fesyen, Kecantikan dan Perawatan Diri, serta Makanan dan Minuman
Untuk fesyen, produk yang mencatatkan nilai transaksi tertinggi adalah sneakers wanita, hijab, dan sepatu sekolah
Di kategori kecantikan, lipstik, foundation, dan produk skincare seperti serum, krim, serta masker wajah menjadi favorit
Sementara itu, sambal, moringa powder, dan hampers mendominasi transaksi di kategori makanan dan minuman
Peningkatan transaksi yang dicatatkan oleh sejumlah penjual ‘Mall’ mencapai rata-rata lebih dari 15 kali lipat dibanding semester sebelumnya
Sebagian besar pertumbuhan ini berasal dari brand lokal yang kini semakin dipercaya oleh konsumen
“Data ini menunjukkan bahwa konsumen makin mencari produk dari official store, distributor resmi, atau toko tepercaya yang menyandang status ‘Mall’
Hal ini penting untuk pelaku industri, karena menunjukkan bahwa kredibilitas dan jaminan keaslian kini menjadi faktor utama dalam keputusan belanja,” ujar Stephanie
Ke depan, seluruh toko ‘Mall’ akan terintegrasi secara bertahap ke Tokopedia melalui platform Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, sehingga mereka bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan skala bisnis
“Kami berharap semakin banyak pelaku usaha yang terdorong untuk meningkatkan kualitas toko dan layanan mereka agar bisa meraih status ‘Mall’ dan memperluas jangkauan pembeli,” tutup Stephanie