Luminasia, MAKASSAR – Makassar Culinary Night (MCN), salah satu agenda utama dalam Karisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata, kembali digelar dengan semarak. Tahun ini terasa istimewa karena MCN merayakan 10 tahun perjalanannya dalam mendukung perkembangan UMKM kuliner di Makassar.
Mengangkat tema “Rasa Rumah - 10 Tahun 10 Cerita”, MCN 2025 akan berlangsung pada 25–27 April 2025 di Monumen Mandala, tempat ikonik yang telah menjadi lokasi tetap acara ini sejak awal. Pengunjung diajak bernostalgia dan menikmati perjalanan panjang MCN dalam menghadirkan kekayaan rasa khas Makassar.
Pendiri MCN, Mistrianie Andi Muin, menjelaskan, “Kami selalu berusaha menjaga agar Makassar Culinary Night berada di lokasi yang strategis dan penuh karakter. Monumen Mandala memberi ciri khas yang kuat bagi MCN sebagai representasi wajah kota Makassar.”
Dukungan penuh juga diberikan oleh Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pariwisata. Kepala Dinas Pariwisata, Mohammad Roem, menyatakan bahwa MCN merupakan event kuliner yang berkontribusi nyata pada perekonomian kota.
Sebanyak 90 tenant makanan dan minuman pilihan hasil kurasi dari ratusan pendaftar akan hadir di MCN 2025. Tak hanya menyajikan kuliner, berbagai aktivitas menarik turut memeriahkan acara, seperti personal color analysis, vision board, emotional painting, manual brew, workshop parfum, aktivitas anak, hingga sesi cerita magic hour.
Salah satu momen paling dinantikan adalah peluncuran jingle terbaru MCN yang menjadi bagian spesial dalam perayaan satu dekade ini.
MCN tetap konsisten dalam kampanye ramah lingkungan dengan mengajak tenant menggunakan kemasan ramah lingkungan seperti daun, bambu, dan kertas.
Astra Motor Sulsel melalui brand Honda kembali mendukung sebagai sponsor utama. “Keterlibatan Honda di MCN merupakan bentuk dukungan kami terhadap kekayaan kuliner Makassar yang menjadi kebanggaan nasional,” ujar Moh. Arif Reda, Marketing Communication Astra Motor Sulsel.
Sejumlah musisi lokal turut memeriahkan acara, termasuk penampilan dari Voice Kids by Uya & Ati, Fandy WD, Teman Bermain, The Joeys, Dakochank, dan Rizcky de Keizer.
Untuk mendukung transaksi yang nyaman, MCN menggandeng Bank BPD Sulselbar dalam menyediakan sistem pembayaran non-tunai lewat QRIS.
Berbagai sponsor dan mitra juga turut mendukung acara ini, di antaranya Inticreative, Grab, Teh Botol Sosro, Prima, Telkomsel, Prima Vision, Liad, Amsterdam Photography, Studio Sora, PaintUR Feeling, Beautiful Scents, Bee Kids, Tavi, dan Lagom.
MCN menargetkan kehadiran 40.000 pengunjung dengan estimasi transaksi mencapai Rp2 miliar, menjadikannya salah satu perhelatan kuliner terbesar di wilayah timur Indonesia.